Selasa , 20 April 2021

Haul ke – VI almarhum H Tenas Effendy. Datuk Seri Sahril Abubakar : Karya Almarhum Jadi Pedoman Masyarakat Melayu di Dunia.

Rabu, 03 Maret 2021

PEKANBARU – (anta-news.com) – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menggelar kegiatan haul ke VI untuk almarhum H Tenas Effendy, di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (3/3/2021). Dalam peringatan tersebut, juga dilaksanakan sarahan budaya oleh Prof Dr Alaidin Koto.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Riau, Syahril Abubakar, usai acara mengatakan, meskipun almarhum sudah meninggal enam tahun lalu, namun hingga saat ini pemikiran-pemikiran, cita-cita niat dan hajatnya menyangkut masa depan Melayu tetap akan dilanjutkan.

“Seperti mengenai tunjuk ajar Melayu, yang merupakan karya monumental  dan bermanfaat bagi anak cucu nanti. Yang sudah berpuluh tahun dihimpun beliau dan terdokumentasikan dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tunjuk ajar Melayu tersebut, saat ini juga bukan hanya digunakan oleh masyarakat Melayu Riau saja. Namun juga menjadi rujukan Masyarakat Melayu di Dunia.

“Jadi boleh dikatakan bahwa beliau ini merupakan guru untuk bangsa-bangsa Melayu. Bukan hanya untuk masyarakat Riau saja, namun juga masyarakat Melayu di dunia ini,” ujar Datuk Seri Syahril Abubakar.

Selain itu, kata Datuk Seri Syahril Abubakar, tunjuk ajar budaya Melayu juga sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda di Indonesia. Karena unsur-unsur nya sangat jelas sekali membentuk karakter yang sejalan dengan pendidikan nasional.

“Atas karya beliau tersebut, negara juga sudah memberikan penghargaan yakni anugerah bintang mahaputra dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” Kata Datuk Seri Syahril Abubakar. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Sayembara 100 Juta Bagi yang dapat Menemukan Istri Pak Haji

Jumat, 9 April 2021   Ervina (40), istri Khairuddin Siregar, warga Tapung, Kampar, Riau yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *