Jumat , 18 Oktober 2019

Kabut Asap Semakin Pekat, acara Festival Budaya Zhong Qiu beralih Doa Bersama

PEKANBARU-(anta-news.com)- Ratusan masyarakat Tionghoa Pekanbaru melakukan Doa Bersama di Jalan Karet, Kec. Senapelan, Jumat (13/9/19). Acara Doa bersama ini dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Fahmizal Usman.

Acara ini seyogyanya digelar dalam Perayaan Festival Budaya Zhong Qiu, dan panitia juga telah mempersiapkan segala sesuatunya dalam Perayaan Budaya ini. Namun sehari menjelang Pelaksanaan Perayaan, Kota Pekanbaru dilanda Kabut asap yang sangat pekat.

“Sebelumnya Panitia Bersama perayaan Festival Budaya ini juga telah mengantisipasi keadaan ini, Jika keadaan cuaca Pekanbaru saat pelaksanaan Perayaan Budaya ini tidak memungkinkan dilaksanakan Pawai, maka Panitia akan mengalihkan acara Festival dengan Doa Bersama,” ujar Ket Tjing, Ketua Koordinator Humas Perayaan Budaya Zhong Qiu.

Ket Tjing juga menambahkan, beberapa Agenda acara yang telah dipersiapkan Panitia akhirnya ditiadakan diantaranya selain Pawai, yakni Panggung Hiburan dan Perlombaan Fotografi.

” Ya, selain Pawai, ada juga acara Panggung Hiburan dan Perlombaan Fotografi yang telah kita persiapkan, tidak jadi dilaksanakan, karena Kabut asapnya semakin pekat,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Bersama perayaan Festival Budaya ini, Anton Tanusia mengatakan, Acara Festival Budaya Zhong Qiu Tahun ini tetap kita laksanakan, dan tidak mungkin di tunda, karena persiapan sudah maksimal.

“Acara Festival Budaya Zhong Qiu ini, memang sudah bertepatan dengan tanggalnya, tidak mungkin ditunda, hanya ada beberapa kegiatan yang kita alihkan. Kita alihkan dengan acara Doa Bersama, dengan harapan agar Indonesia umumnya dijauhkan dari Bencana,” ujar Anton.

Acara ini dimulai pada pukul 18.00 WIB diawali dengan Pembagian 5.000 pcs masker gratis kepada masyarakat dan dilanjutkan pembagian makanan, pembagian kue bulan dan lampion Zhong Qiu yang dipusatkan di Jalan Karet Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan Festival Budaya ini merupakan ajang silahturahmi untuk berinteraksi dengan seluruh masyarakat tanpa membedakan suku dan agama.

Wagubri juga berharap, Festival Budaya Zhong Qiu ini nantinya dapat menjadi Agenda Tahunan Pariwisata Nasional.
” Diharapkan nantinya kedepan Festival Budaya Zhong Qiu ini  tercatat sebagai Agenda Tahunan Pariwisata Nasional, hingga dapat menarik wisatawan seperti Festival Budaya Bakar Tongkang di Rokan Hilir,” harapnya. (Ferry Anthony)

Berita Lainnya

1Kg Sabu dan 5.400 Inex Diamankan Polisi dari sebuah Rumah Kontrakan di Pekanbaru

PEKANBARU- (anta-news.com)- Aparat Satres Narkoba Polresta Pekanbaru dan Reskrim Polsek Sukajadi melakukan penangkapan terhadap pengedar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *