Rabu , 21 Oktober 2020

TITD Hiap Thian Thua Rayakan HUT Dewa Kwan Te Kong

PEKANBARU – (anta- news.com) – Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hiap Thian Thua, Komplek Villa Karya Bakti Housing Pekanbaru, Rabu malam hingga Kamis (12-13/08/2020) merayakan HUT dewa Kwan Te Kong. Ketua TITD Hiap Thian Thua Stephen Liu didamping Ketua Panitia perayaan Nata Hedy Nyo SE MH mengatakan, Perayaan HUT dewa Kwan Te Kong kali ini berlangsung sederhana, mengingat masih dalam suasana pendemi Covid 19.

Pada hari Rabu (12/08/20) digelar ritual sembahyang bersama pada Thien atau Tuhan pukul 19:00 WIB, dilanjutkan dengan makan bersama. Bersamaan pada hari itu 2 orang Donatur tepat merayakan hari ulang tahunnya, masing-masing Andi Zainal (34) dan Amar Margiono (37).

Selanjutnya, pada Kamis (13/08/20) pukul 09.00 WIB, TITD Hiap Thian Thua menggelar bakti sosial dengan membagikan puluhan peket sembako kepada warga setempat.

“Pembagian sembako ini masih dalam merupakan rangkaian acara perayaan HUT Dewa Kwan Te Kong. Kami sediakan 70 paket sembako untuk warga kurang mampu,” ujar Stephen Liu.

Ketua Panitia perayaan HUT Dewa Kwan Te Kong, Nata Hedy Nyo SE MH kepada anta-news.com mengatakan, usai pembagian sembako kepada warga, selanjutnya digelar acara fang shen dengan melepas ratusan burung ke alam bebas, dilanjutkan ritual kho kun atau sembahyang untuk Mahluk gaib.

“Dalam perayaan ini, umat yang datang meminta kesejahteraan dan kesehatan. Berharap  Covid-19 Cepat berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasanya, Semoga kita semua selalu di berkati Dewa Kwan te kong dengan kesehatan yang baik dan rezeki berlimpah ruah,” harap Nata Hedy Nyo.

Dikatakan Nata Hedy, Kwan Te Kong atau sering disebut Guan Di, yang berarti paduka Guan, adalah seorang panglima perang kenamaan yang hidup pada zamanSan Guo/Sam Kok (221 – 269 Masehi). Nama aslinya adalah Guan Yu alias Guan Yun Chan. Oleh kaisar Han ia diberi gelar Han Shou Ting Hou. Kwan Te Kong dipuja karena kejujuran dan kesetiaan.

“Dia adalah lambang atau tauladan kesatria sejati yang selalu menempati janji dan setia pada sumpahnya. Sebab itu Kwan Kong banyak dipuja dikalangan masyarakat, disamping kelenteng-kelenteng khusus. Gambarnya banyak dipasang dirumah pribadi, toko, dan banyak tempat lainnya. Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Te Kong juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan,” terang Nata Hedy Nyo yang dikenal sebagai sosok aktivis sosial di Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Ketua TITD Hiap Thian Thua Stephen Liu didamping Ketua Panitia perayaan Nata Hedy Nyo SE MH tak lupa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak dan para donatur yang turut mensukseskan Perayaan Ulang Tahun Dewa Kwan Te Kong.

Sementara itu, Ketua RT 02, RW 03, Kelurahan Air Hitam, Amrizal mengucapkan terima kasih kepada pengurus TITD Hiap Thian Thua yang telah membagikan sembako untuk warga sekitar.

“Semoga bantu dari TITD Hiap Thian Thua ini menjadi berkah buat warga kita disini,” ujar Amrizal. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Gandeng Elemen Masyarakat, Kapolresta Ajak Masyarakat Tolak Demo Anarkis

PEKANBARU – (anta-news.com) – Guna memelihara dan menjaga kondusiftas masyarakat kota Pekanbaru, dari ancaman oknum-oknum ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *