Jumat , 4 Desember 2020

Gubri Hadiri Pertunjukan Musik Riau Rhythm in Orchestra 2020

Minggu, 01 November 2020

 


PEKANBARU – (anta-news.com) – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar acara pertunjukan musik Riau Rhythm dengan tajuk Riau Rhythm in Orchestra 2020 “Awang Menunggang Gelombang” yang berlangsung di Anjung Seni Idrus Tintin, Sabtu (31/10/2020) malam.

Acara Pertunjukan musik yang berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, semua penonton yang ingin masuk menyaksikan pertunjukan musik diperiksa suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak sesuai arahan panitia penyelenggara.

Penggagas kegiatan ini, yang juga salah seorang Dewan Pendiri Asosiasi Seniman Riau Rino Dezapati mengatakan bahwa dalam mengambil tema “Awang Menunggang Gelombang”, sebagai sebuah pencarian sejarah bahwa di masa lalu seorang anak jati Melayu dari tanah Zamatra yang memulai perjalanannya sebagai navigator yang berjuang melawan gelombang untuk mengelilingi bumi.

Ia menjelaskan bahwa pertunjukan musik berbalut orkestra ini menampilkan karya yang terinspirasi sejarah 499 tahun lalu. Yang mana Panglimo Awang, budak Zamatera, dalam catatan sejarah disematkan sebagai manusia pertama yang mengelilingi bumi secara sempurna.

“Ia menjadi navigator kapal Ferdinand Magellan dari Spanyol Selatan ke tanah Nusantara,” kata Rino.

Menurutnya, terdapat banyak kisah pengembaraan Panglimo Awang yang menantang penafsiran. Riau Rhythm menyajikan kisah Pengembaraan Awang dalam format Orchestra ke dalam 9 buah repertoar baru.

Proses karya ini, terangnya, dimulai sejak akhir tahun 2018 yang bermula diskusi informal dengan Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al azhar mengenai pengembaraan Panglimo Awang yang menjadi perhatian dunia, baik itu sejarawan maupun kaum intelektual lain.

“Proses selanjutnya yaitu pengumpulan bahan dan data dari berbagai referensi hingga ditemukan informasi dalam sejarah bahwa Panglimo Awang diklaim sebagai manusia pertama yang berhasil mengelilingi bumi dengan sempurna,” ujarnya.

Data yang terkumpul kemudian menjadi materi dasar bagi komposer Riau Rhythm, untuk ditafsir menjadi bebunyian dan harmoni yang berbalut Orchestra yang memberikan ruang imajinasi kepada penonton untuk seolah ikut dalam perjalanan panjang sang pelaut Panglimo Awang. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Dukung Sektor Pariwisata PLN Kembangkan Rumah Kreatif di Kampung Wisata Patin

Jumat, 04 Desember 2020   KAMPAR – (anta-news.com) – General Manager PT PLN (Persero) UIW ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *