Kamis , 22 Oktober 2020

2 Pelaku Modus Ganjal ATM di Pekanbaru diringkus Polisi.

PEKANBARU – (anta-news.com) – Aparat Reskrim Polsek Tampan, Kota Pekanbaru berhasil mengamankan dua pelaku sindikat pencurian uang tabungan dengan modus mengganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Pelaku berinisial WAP alias Wendra (30) dan HM alias Harka (28), Keduanya kini mendekam dalam tahanan Mapolsek Tampan Pekanbaru guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu’min Wijaya melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, kepada anta-news.com mengatakan, kedua tersangka telah melakukan aksinya di 18 tempat di sejumlah ATM di Pekanbaru.

Dari sejumlah ATM korban yang didapatkan tersangka, keduanya berhasil menguras tabungan korban puluhan juta rupiah.

Aksi terakhir mereka, di mesin ATM BRI dekat SPBU Delima Jalan Srikandi, dengan korbannya seorang wanita bernama Yulhot Ferawati (47).

“Ketika itu korban hendak bertransaksi di mesin ATM, dan kartunya tersangkut. Ini adalah modus operandi kedua pelaku,” ujar Kompol Ambarita, Jumat (11/9/20) di Pekanbaru.

Tentu saja kartu korban tersangkut kata Kapolsek, karena lubang ATM card telah diganjal tersangka. Setelah berhasil membuat kartu korban tak bisa ditarik, pelaku Wendra pun datang dan berpura-pura hendak bertransaksi di mesin ATM.

Pelaku selanjutnya melancarkan modusnya dengan membantu korban. Korban kemudian diarahkan oleh pelaku untuk mengikuti langkah secara manual agar kartunya bisa diambil dari mesin ATM.

“Disitulah kesempatan pelaku untuk mengamati sehingga mengetahui nomor pin kartu ATM korban,” ungkap Kompol Hotmartua Ambarita.

Setelah mengikuti arahan pelaku, kartu korban di mesin ATM tersebut tak juga bisa ke luar, korban pun pergi meninggalkan lokasi.

Saat korban keluar, Pelaku langsung mengambil ATM korban dan meninggalkan lokasi. Selanjutnya pelaku melakukan transaksi penarikan sebesar 16 juta rupiah.

“Dari situ korban pengetahui ada transaksi penarikan 16 juta dan membuat laporan ke Polsek,” ujar Kompol Hotmartua Ambarita.

 

Setelah dilakukan penyelidikan berdasarkan hasil rekaman Cctv yang berada di mesin ATM, diketahui kedua pelaku adalah spesialis pembobol ATM. Setelah ciri ciri dan keberadaan pelaku diketahui, akhirnya kedua pelaku diamankan Tim opsnal Polsek tampan Pekanbaru, Kamis (10/9/20) siang. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Nyambi jual sabu Oknum Polisi di Rohil Riau diciduk Polisi.

Tersangka RA yang juga merupakan oknum anggota Kepolisian yang bertugas di Mapolres Rokan Hilir ( ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *