Kamis , 22 Oktober 2020

Sindikat ganjal Kartu ATM di Pekanbaru kembali berhasil ditangkap Polisi.

 

Ketiga Pelaku sindikat ganjal Kartu ATM di Pekanbaru masing masing berinisial AD (38), RA (43) dan RI (44). (Foto Humas Polsek Tampan Pekanbaru).

PEKANBARU – (anta-news.com) – Tim opsnal Polsek Tampan Pekanbaru kembali berhasil meringkus sindikat pelaku pencurian dengan modus ganjal kartu ATM.

Pelaku masing-masing berinisial AD (38), RA (43) dan RI (44). Mereka ini merupakan pemain lama dan telah beraksi di 25 TKP di Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, kepada anta-news.com membenarkan penangkapan 3 pelaku modus ganjal ATM tersebut.

Dikatakan Kompol Hotmartua Ambarita, Tertangkapnya komplotan ini berawal ketika Sabtu (12/9/2020) sore saat korban bernama Friswan ingin menarik uangnya yang berada di ATM di SPBU jalan SM Amin.

Saat korban akan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin dan ternyata tidak bisa dikarenakan lubang ATM telah diganjal pelaku.

Kemudian datang dari arah belakang seorang laki-laki yang saat itu berpura-pura menawarkan bantuan dengan meminta kartu korban dan mencoba memasukan ke dalam mesin ATM, namun ternyata masih tidak bisa.

Lalu pelaku mengembalikan kartu ATM yang sudah diganti pelaku dengan kartu ATM lain yang diserahkan kepada korban dan menyuruh korban menempelkan kartu ke tulisan emoney.

Korban lantas disuruh menekan accep tombol paling bawah dan keluar petunjuk di layar. Pelaku terus mengarahkan korban supaya memasukkan PIN ATM untuk diketahui pelaku.

Kemudian pelaku menyuruh korban untuk mencari mesin ATM lain karena mesin ATM sepertinya rusak, dan korban keluar dari dalam mesin ATM dan mencari mesin ATM lainnya. Dan sementara itu pelaku langsung meninggalkan tempat kejadian dan langsung mengambil uang di mesin ATM BCA tidak jauh dari TKP.

Dan saat itu korban menerima SMS Banking, diketahui telah ada penarikan tunai terhadap uangnya sebesar Rp3,4 Juta, sehingga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tampan.

Setelah dilakukan penyelidikan melalui Cctv akhirnya diketahui ciri ciri pelakunya dan selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap diduga pelaku pencurian itu.

Awalnya aparat berhasil mengamankan pelaku AD serta ditemukan 1 lembar kartu ATM Mandiri yang diakui milik korban dan juga beberapa lembar kartu ATM korban lainnya.

“Saat dilakukan pengembangan, dilakukan penangkapan terhadap pelaku RA dan RI, untuk barang bukti yang berhasil kita amankan dari tiga pelaku ini yaitu 9 batang potongan lidi untuk mengganjal kartu ATM korbannya serta 24 kartu ATM berbagai bank milik korbannya,” ungkap Kompol Hotmartua Ambarita.

Setelah dilakukan interogasi kata Kapolsek, ternyata sindikat ini sudah beraksi di 25 TKP Gerai ATM yang ada di Kota Pekanbaru. Tiga pelaku ini juga berhasil mengambil uang korban-korbannya lebih kurang Rp 100 juta. Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 KUHPidana. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Nyambi jual sabu Oknum Polisi di Rohil Riau diciduk Polisi.

Tersangka RA yang juga merupakan oknum anggota Kepolisian yang bertugas di Mapolres Rokan Hilir ( ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *