Rabu , 21 Oktober 2020

Fokus Kembangkan Agrowisata Kampung Buah Wawako Kunjungi Keltan

Kota Solok, anta-news.com–  Tahun 2018 Pemerintah Kota (Pemko) Solok akan fokus mengembangkan Kampung Buah untuk mendukung daerah itu sebagai kawasan agrowisata buah-buahan di Sumatera Barat. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, Jumat (5/1) saat mengunjungi Kelompok Tani Harapan Baru , Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok.

” Kota Solok sangat berpotensi menjadi daerah pengembangan tanaman buah, karena masyarakat juga masih bergantung kepada sektor pertanian. Dengan besarnya potensi itu, maka Pemko ingin mewujudkan Kota Solok sebagai etalase di bidang pertanian dengan mengembangkan kawasan agrowisata kampung buah,” beber, Reinier.

Kawasan kampung buah yang sedang dikembangkan saat ini antara lain Kampung Durian, Kampung Rambutan, Kampung Naga, Kampung Kedondong, Kampung Kelengkeng dan masih banyak lagi yang sedang dilakukan pengembangan atau pencarian lahan yang tepat untuk ditanami buah-buahan.

Menurut  Wawako Solok,  pengembangan tanaman buah masih sangat menjanjikan dengan luas lahan tidur yang dimiliki Kota Solok saat ini.

” Saya berharap apa yang telah direncanakan, serta diinginkan masyarakat petani dapat berhasil dan tidak gagal. Program pertanian ini juga salah satu langkah dan terobosan Pemko dalam menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi angka pengangguran,” sebutnya.

Namun walaupun begitu, menurut Wawako, petani juga harus didukung dengan ilmu pengetahuan di bidang pertanian yang mumpuni, untuk mengelola atau menggarap lahan sehingga hasilnya maksimal.

Ada beragam jenis tanaman buah yang dikembangkan, yakni buah durian, naga, rambutan, kedondong dan lengkeng, serta buah lainnya yang masih dikembangkan kecocokan dengan lahan kosong di Kota Solok.

“ Jika pertanian  tidak diiringi dengan ilmu, pasti saja akan gagal. Oleh sebab itu, Program kampung tanaman buah ini adalah untuk membantu masyarakat, kemudian kedepannya, Kota Solok harus menjadi percontohan bagi daerah lain,” ujar, Reinier dengan optimis. (Arbi/DA)

Bagikan

Berita Lainnya

Gubri Panen Jagung dikawasan Agrowisata Palas Rumbai

PEKANBARU – (anta-news.com) -Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si melakukan panen jagung perdana di kawasan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *