Senin , 20 Januari 2020

Tingkatkan Partisipatif Pengawasan Masyarakat Bawaslu Gelar Cerdas Cermat Rangking 1 Bagi Pelajar se-Kota Solok

Kota Solok, anta-news.com – Partisipatif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 dipandang sangat penting sekali. Oleh karena itu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok dengan program inovatif mengajak masyarakat sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu dan pilkada.

Salah satu ajakan tersebut dilaksanakan dalam bentuk cerdas cermat Rangking 1 bagi pemilih pemula/pelajar tingkat SLTA se-Kota Solok, yang langsung dipandu oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, Sabtu (16/11) di halaman Kantor Bawaslu Kota Solok.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Elly Yanti, SH, Anggota Bawaslu Kota Solok, Budi Santosa dan Rafikul Amin, Komisioner KPU Kota Solok, Arif Santosa, Kepala Kesbangpol Kota Solok, Fidlywendi Alfi, KBO Intelkam Polres Solok Kota dan guru-guru pendamping siswa.

Acara yang bertemakan “Sosialisasi Pegembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Kegiatan Cerdas Cermat Pemilih Pemula/Pelajar Tingkat SLTA se-Kota Solok Dalam Bentuk Rangking 1” dibuka oleh Anggota Bawaslu Sumbar, Elly Yanti, SH berlangsung sangat meriah.

Sebelum membuka acara, Komisioner Bawaslu Sumbar itu menyampaikan agar seluruh peserta yang rata-rata adalah pemilih pemula, dapat menjadi duta-duta pengawas pemilu dan pejuang demokrasi bangsa di Kota Solok.

“Kegiatan ini tidak hanya sebatas cerdas-cermat, namun juga merupakan bentuk upaya dari Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam mengawal pemilu, serta menciptakan demokrasi yang jujur, adil, mandiri, dan berintegritas,” tutur, Elly Yanti.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Solok, Agustin Melta dalam laporannya menyebutkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sosialisasi pengembangan pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di Kota Solok.

“Jumlah peserta yang hadir yaitu 100 orang, yang berasal dari 10 Sekolah Menengah Negeri dan Swasta se-Kota Solok. Dari 100 orang siswa ini nantinya akan diberikan soal-soal tentang kepemiluan, yang berhasil menjawab benar akan lanjut ke sesi berikutnya, hingga didapatkan pemenang, 1, 2, dan 3,” terang, Agustin Melta.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Solok,Triati dalam sambutanya menyampaikan, bahwa disamping untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, kegiatan ini juga sebagai media pembelajaran politik bagi generasi muda/pelajar se-Kota Solok untuk ikut memajukan demokrasi di Kota Solok.

“Kita harapkan semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah pembelajaran/pendidikan politik bagi para siswa, sehingga semakain banyak masyarakat, terutama  generasi muda yang melek dengan politik,” ungkap, Triati.

Dilain pihak hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Kesbangpol Kota Solok, Fidlywendi Alfi yang menyebutkan, bahwa pemerintah Kota Solok mengapresiasi terhadap upaya-upaya pencegahan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Solok. Sehingga disamping dapat meningkatkan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi masyarakat, juga dapat meningkatkan pendidikan politik bagi pelajar/generasi muda di Kota Solok.

“Terimakasih dan apresiasi kami kepada Bawaslu Kota Solok, kegiatan ini tentunya akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu dan juga dapat meningkatkan pendidikan politik bagi generasi muda,” ujar, Fidlywendi Alfi saat menyampaikan sambutan Wali Kota Solok.

Acara cerdas cermat berjalan dengan lancar dan menarik, sehingga membuat para peserta dan undangan yang hadir sangat antosias mengikuti setiap sesinya. Sehingga peserta atas nama Shafitri Azzahra Helhid siswa SMAN 1 Kota Solok berhasil menjadi pemenang 1, Raja Putra Mulya Siswa SMAN 4 Kota Solok sebagai pemenang 2, dan pemenang 3 atas nama Dean Muhammad Mulya siswa SMAN 3 Kota Solok. (hmsbawaslu)

Apa reaksi Anda tentang artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Berita Lainnya

Demi Kepentingan Informasi Publik Bawaslu Launching Buku Perjalanan Pengawasan Tahun 2019

Kota Solok, anta-news.com – Catatan perjalanan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam pengawasan Pemilihan Anggota DPRD-RI, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *