Rabu , 21 Oktober 2020

Gubri Syamsuar Apresiasi UPT KPH Tasik Besar Serkap

 

SIAK – (anta-news.com) – Gubernur Riau H Syamsuar MSi meresmikan Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPT KPH) Tasik Besar Serkap yang terletak di Desa Dosan Kecamatan Pusako Kabupaten Siak, Kamis (15/10). Kantor UPT KPH yang diresmikan ini merupakan bantuan dari pihak PT Arara Abadi.

Gubri Syamsuar usai kegiatan peresmian mengatakan, dengan adanya UPT KPH tersebut, dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk dapat mengelola hutan dengan tanaman produksi. Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi lagi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Karhutla terjadi sepanjang tahun di daerah ini, memang harus ada solusi permanen. Agar Karhutla tak terjadi lagi setiap tahunnya. Karena itu, dari Kementerian LHK memberikan gagasan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau membangun UPT KPH,” kata Gubri Syamsuar.

Gubernur Riau berharap, Kantor UPT KPH ini nantinya dapat benar-benar berfungsi sebagai mana semestinya.  Sehingga, solusi permanen guna memiminalisir Karhutla dapat teratasi.

Selain itu, Pemerintah Riau juga mengapresiasi dibangunnya Kebun Bibit Desa (KBD) di lokasi UPT KPH tersebut. “Lokasi KBD yang persis bersebalahan dengan UPT KPH, juga berfungsi menjadi wadah pemberdayaan masyarakat. Diharapkan, dengan adanya KBD ini bisa merubah pola pikir masyarakat dari biasa dengan cara membakar menjadi bertani ramah lingkungan,” ujar Gubri Syamsuar.

Hal senada disampaikan Direktur PT Arara Abadi Edi Haris , dengan adanya UPT KPH tersebut tidak terjadi Karhutla disekitar lokasi tersebut. Karena masyarakat sudah didorong untuk dapat mengelola hutan dengan lebih produktif tanpa harus membakar.

“Monitoring kami, sejak Januari lalu sudah tidak lagi terjadi Karhutla di Dosan ini. Ini menjadi salah satu tolak ukur bahwa dengan pemberdayaan masyarakat tersebut bisa efektif mencegah Karhutla,” ujar Edi Haris.

Selain di Siak kata Edi Haris, pihaknya juga membangun tempat serupa di Kabupaten Bengkalis tepatnya di daerah Rupat. Dimana saat ini, untuk di Indonesia ada tujuh tempat serupa dan di Riau ada didua lokasi.

“Untuk semua UPT KPH, di Dosan Siak ini yang terbaik” kata Edi Haris. (Ferry Anthony).

Bagikan

Berita Lainnya

Nyambi jual sabu Oknum Polisi di Rohil Riau diciduk Polisi.

Tersangka RA yang juga merupakan oknum anggota Kepolisian yang bertugas di Mapolres Rokan Hilir ( ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *